Layanan Puskesmas di Wasuponda Disoal
  Viewer : 679 Kali

Lap     : Yusran

Editor : Redaksi

Lutim,libertiekspress.com ||Permasalahan terkait layanan di Puskesmas Wasuponda terus berulang, ini mengindikasikan adanya masalah sistemik, dimana Lembaga Swadaya Masyarakat mencatat ada layanan tertentu di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wasuponda yang kerap dikeluhkan berulang – ulang, misalnya lambatnya pelayanan terhadap pasien, pelanan khusus bagi pejabat tertentu sementara antrian pasien amburadul tanpa melihat kondisi masing2 pasien.

Ismail S,Ip salah satu tokoh Lembaga Pemerhati dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (LPPMI) Kabupaten Luwu Timur menilai bahwa layanan kesehatan juga menjadi salah satu sorotan publik yang utama di Kab. Luwu Timur, selain pendidikan dan wisata. “Puskesmas Wasuponda kembali jadi sorotan karena adanya layanan yang tidak cermat dalam memberikan pelayanan kepada pasien seperti yang di utarakan HR salah satu warga Kec. Wasuponda dimana menurutnya okum pihak puskesmas terkesan lamban dan amburadul memberikan pelayanan medis, sejumlah pasien yang datang belakangan justru melewati antrian pasien yang antriannya lebih awal”. katanya, Kamis (7/1/2020)

Ia mengatakan, pola lain juga terjadi tahun sebelumnya di institusi layanan kesehatan Kab. Luwu Timur yakni puskesmas Malili dikatakan sempat menjadi objek keluhan hingga amuk warga karena Pasien mengeluhkan pelayanan Puskesmas Rabu (29/11/2017) lalu
, Dimana
Tak satupun dokter yang jaga di puskesmas, sementara ada pasien kanker payudara sudah pendarahan dan harus segera ditangani.

Permasalah berulang ini, kata Ismail mengindikasikan adanya masalah sistemik dalam pelayanan di PKM Wasuponda. Oleh karena itu, Arsyad mendorong Dinas Kesehatan Kab. Luwu Timur untuk melakukan penataan sistem pelayanan terutama melalui pengaduan internal, di samping upaya penyelesaian sejumlah keluhan masyarakat.

Namun, Pemkab Luwu Timur melalui Pelaksana Tugas Sementara Dinas Kesehatan Luwu Timur saat ini sudah mulai melakukan penataan sistem pelayanan ini. Upaya ini juga berlangsung di bawah pantauan Lembaga Swadaya Masyarakat selaku mitra kerja memastikan pelayanan publik yang diberikan sesuai dengan standar opersional pekerjaan. Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, Rosmini Pandin yang dihubungi awak media terkait hal ini belum memberikan tanggapan  resmi, “Pihak Dinas kesehatan harus segera mengambil sikap dan kalau perlu melakukan sidak untuk menyaksikan sistem pelayanan yang buruk di PKM Wasuponda.” Kunci Ismail

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.