SUKU TO PADOE IKUT MERIAHKAN FESTIVAL KERATON NUSANTARA
  Viewer : 1692 Kali

Palopo | Libertiekspress.com

Festival Keraton Nusantara XIII 2019 yang di pusatkan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan di hadiri 26 perwakilan kerajaan yang tersebar di Nusantara.

Sebelum pembukaan festival keraton di buka yang di mulai hari ini Senin 9 September 2019 terlebih dahulu para prajurit keraton melakukan pawai yang star awal dari Lapangan Gaspa menuju Lapangan Pancasila lewat jalur utama Jalan Jendral Sudirman.

Di antara 12 anak suku yang mewakili Kerajaan Luwu nampak iringan anak suku To Padoe yang mendiami ujung timur tanah Luwu’, konon suku To Padoe ini salah satu anak suku yang mempertahankan eksistensinya melestarikan budaya leluhur.

Nampak dalam Iring-iringan tersebut di pimpin lansung Ketua Dewan Adat Padoe Pusat yakni Thomas Lasampa serta Semuel yang menjabat sekertaris umum Pasitabe yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Kab. Luwu Timur, dalam kegiatan ini Thomas Lasampa berharap agar budaya Leluhur To Padoe tetap di Lestarikan,” Saya hadir selain memberikan semangat kepada suku To Padoe yang menghadiri kegiatan ini juga memberikan pembuktian kepada kedatuan Luwu bahwa kami tetap menjadi bagian penting dari kerajaan Luwu, sebagaimana perjuangan leluhur kami yang tak pernah lelah memberikan pengabdian kepada kedatuan Luwu walau nyawa taruhannya seperti yang di persembahkan leluhur kami sebelumnya salah satunya Saliwu”, ungkapnya

” Saya juga berharap agar semangat juang PONGKIARI ( Pasukan tangguh kedatuan Luwu’ dari suku To Padoe ) tetap tertanam dalam jiwa generasi To Padoe”, tutupnya. | Andi | HR

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.