Suku PADOE Wakili Lutim Di Festival Masyarakat Adat Yang Dibuka Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan
  Viewer : 5787 Kali
Bersama Masyarakat adat Kenya
Bersama Masyarakat adat Kenya

Jakarta, Libertiekspress.-

Sebanyak 300 suku dari 5 negara yang turut hadir dalam perayaan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat Nusantara, termasuk suku Padoe salah satu dari 12 anak suku dikedatuan Luwu Sulawesi Selatan. Jumat 09-08-2019

Kegiatan perayaan festival budaya yang dirangkaikan dengan perayaan 20 tahun AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) digelar mulai hari ini hingga tiga hari kedepan dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar. yang mewakili Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Siti Nurbaya Bakar. mengatakan kalau baru pada pemerintahan Presiden Jokowi pertama kali ditetapkannnya masyarakat hukum adat serta hutan adat yang diyakini dapat menjadi penyeimbang antara kehidupan bermasyarakat dengan alam sekitarnya untuk mencapai kelestarian.

Bersama Masyarakat adat Sudan
Bersama Masyarakat adat Sudan

“Selamat kepada masyarakat adat Nusantara dan negara tetangga yang menghadiri perayaan 20 tahun Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) semoga apa yang menjadi keinginan Presiden untuk kelestarian adat yang ada di Nusantara bisa terjaga dengan baik.” Ucap Siti Nurbaya Bakar

Salah satu yang mencuri perhatian panitia dalam festival budaya internasional yang digelar di Jakarta disaat suku adat Padoe memamerkan tarian khas Riringgo, laemba, dan Mongkaliboe. yang mana suku Padoe diketahui adalah salah satu suku besar yang ada di Luwu Timur.

Selain itu, dalam festival tersebut yang juga meliputi pameran produk komunitas, pameran foto, pagelaran seni budaya dan kuliner adat, permainan tradisional, serta bengkel seni masyarakat adat.

Ketua Lembaga Adat Padoe, Tomas Lasampa mengucap terima kasih kepada pihak-pihak yang berkonstribusi dalam menghadirkan budaya adat Padoe sehingga bisa dikenal hingga kedunia Internasional.

“Terima kasih kepada Pemda Luwu Timur yang mendukung sehingga adat dari suku Padoe dapat diperkenalkan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat nasional dan internasional.” Tutur ketua adat Padoe. | AR | Samuntur

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.