Maraknya Penyelewengan Keuangan Desa, Sumardi ; “Kami Akan Bekerjasama Lembaga Lain dalam Pengawasan”!!
  Viewer : 270 Kali
Sumardi (Ketua Fordes)

Kolaka Utara – Liberti ekspress,-

Keterbukaan informasi Publik yang dipraktikkan oleh Pemerintah Desa dimaksudkan agar warga desa mengetahui berbagai informasi tentang kebijakan dan praktik penyelenggaraan pemerintahan yang dijalankan.

Melalui mekanisme ini maka akan terbangun akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Klausul yang mengatur keterbukaan informasi tersebar dalam beberapa pasal dalam UU Desa. Yang pertama diatur dalam pasal 24, yang menyatakan bahwa azas penyelenggaraan Pemerintahan Desa salah satunya adalah keterbukaan.

Namun Lain halnya  di Kabupaten Kolaka Utara Provinsi Sulawesi tenggara yang terkesan tertutup tentang penggunaan Dana Desa yang harusnya menjadi Konsumsi Publik bahkan kuat dugaan banyak terjadi Penyalahgunaan Dana Desa baik dari APBD maupun APBN, serta banyak pula kegiatan- kegiatan didesa yang terkesan menjadi sarang Korupsi ,sebut saja Program Revitalisasi Kakao yang juga dibebankan kepada Dana Desa, serta program penunjang lainnya, bahkan tak lepas dari intervensi beberapa Oknum dari instansi terkait.

Selain itu, Polemik mengenai maraknya dugaan penyelewengan Dana Desa juga sering dibahas dalam group – group Sosial Media baik Group WhatsApp maupun Di Facebook.

Lihat saja salah satu Group Publik FORDES (forum Desa) yang di Motori oleh Saudara Sumardi yang secara rutin membahas permasalahan tersebut, kini mulai angkat bicara meskipun beberapa bulan group itu Vakum.

” dengan spirit yang penuh semangat juang yang membarah beberapa bulan lalu kami  banyak menemukan persoalan-persoalan yang ada di desa dari ujung utara sampai ujung selatan, dengan kegelisahan jiwa kami dari pengurus forum desa akan memberi pengawasan, serta kawalan bekerja sama dengan lembaga lembaga pemuda yang ada di kolaka utara” ucapnya melalui Via WhatsApp (18/05/2019.

Tak menutup kemungkinan akan ada modus – modus baru yang tercipta dalam menggerogoti Keuangan Desa ,apalagi bulan Oktober mendatang akan diadakan pemilihan Kepala desa secara serentak.

“Rencana setelah lebaran kami akan berkomunikasi terhadap lembaga pemerhati desa dan lembaga pemerhati persoalan yang merugikan negara, secara serentak bertujuan membangun kekuatan untuk memberikan solusi yang soluktif terhadap pemerintah desa dan lain, dan dekat ini juga kalau kami tidak salah bulan oktober mendatang akan diadakan pemilihan desa serentak 64 desa yang di kabupaten kolaka utara Maka kami dari forum desa akan ikut mengawal secara ekxternal sebab kami paham di sana ada PMD yang menjadi panitia penyelenggara” tambahnya dengan Tegas . | rls | tim Fordes

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.