Diduga Korup Anggaran Lampu Jalan, Oknum Camat Di Luwu Timur Terancam Dipolisikan.
  Viewer : 5146 Kali
Oknum Camat Inisial "JP"

Luwu Timur-libertiekspress

Salah satu Oknum Berinisial “JP” yang menjabat sebagai Camat DI kab. Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan yang dimana sebelumnya telah tetapkan sebagai tersangka Pidana pada Pemilihan Umum 19/3/2018 oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu ( Gakumdu ) karena di duga kuat terlibat Politik praktis dengan mendukung salah satu calon Gubernur dengan menghadiri kegiatan partai pengusung salah satu Cagub,  kini menjadi sorotan dari kalangan masyarakat dan Aktivist karena di duga kuat memangkas anggaran lampu jalan yang bersumber dari bantuan sosial PT Vale TBK yakni Program Terpadu Pengembangan Masyarakat, bahkan tidak menutup kemungkinan “JP” akan kembali berurusan dengan pihak yang berwajib.

Pasalnya, dari hasil penelusuran dilapangan,  lampu jalan tersebut yang harusnya memiliki tiang sendiri,  kemudian hanya terpasang di Enam titik dengan posisi numpang cantol di tiang Listrik milik Negara.

Yusran R,  salah satu Aktivis LPPM Indonesia yang telah melakukan penelusuran awal, menduga biaya lampu jalan yang di pasang tersebut hanya sebagian kecil yang di gunakan dari anggaran yang dikucurkan pihak PT Vale Tbk sebesar Rp. 150.000.000 ( Seratus Limapuluh Juta Rupiah).

” Anggaran Lampu Jalan periode 2017 tersebut 150 juta, jika dilihat dari 6 titik pemasangan lampu yang di cantol di tiang listrik milik Negara di dekat kantor camat anggarannya paling besar 35 Juta, pertanyaannya di kemanakan sisa dari anggaran tersebut? Bahkan saya menduga anggaran tersebut dipangkas untuk memenuhi kebutuhan Pribadi dan Kelompok sehingga bantuan tersebut tidak tepat sasaran bahkan pengelolaannya pun tidak transparan”, tutur yusran. 

” Bahkan ini harus kita dalami, berapa anggaran bantuan sosial yang di salurkan pihak PT Vale Tbk melalui PTPM? Apa saja target peruntukan untuk anggaran tersebut? karna sejak Camat Wasuponda menjabat kita belum melihat transparansi dari anggaran yang dikucurkan serta apa saja target bantuan sosial yang realisasinya dinikmati masyarakat secara langsung”, Tambahnya dengan nada tegas.

Ditempat terpisah,  oknum Camat inisial “JP”  mengakui adanya Pekerjaan tersebut.

“realisasi dari anggaran lampu jalan tersebut memang baru Enam titik dan sisanya sementara di usahakan” ucapnya saat dikonfirmasi beberapa waktu yang lalu.

Namun seiring waktu nampaknya hal yang menjadi sorotan Aktivis LPPM Indonesia dan masyarakat Wasuponda ini terkesan tidak indahkan.

Mendengar pernyataan tersebut, Samuntur yang juga Presidium LPPM Indonesia angkat bicara. “Kami berjanji akan melakukan permintaan Data kepada pihak PT Vale Tbk tentang polemik anggaran PTPM yang di duga tidak tepat sasaran.

“Kita akan minta data berapa besaran anggaran Pengembangan Masyarakat yang dikucurkan pihak PT Vale Tbk sejak Oknum Camat ini menjabat, jika terbukti Data yang kami terima nantinya berbeda dengan Realisasi dilapangan, maka kami tidak segan-segan melaporkan ke pihak yang berwajib atas kasus ini serta dugaan penyalahgunaan wewenang yang di lakukan”,Tandasnya. | Ali/Herman.S

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.