Berkas Penuntutan Terdakwa DiKembalikan Ke Penyidik, Wawan, SH : ” itu Sudah Tepat”!!!
  Viewer : 190 Kali

 

Lasusua – Liberti ekspress,-

Kepolisian Sektor Ngapa menetapkan seorang oknum sebagai tersangka Dugaan penganiayaan wartawan Zonasultra.com, Rusman yang terjadi di  SPBU Lapai pada Rabu Pagi  (15/05/2019).

Pihak penyidik Telah menetapkan Saudara Andi Rudianto Alias Andi Anto sebagai tersangka dengan pasal 352 ayat 1 Tindak pidana Ringan (Tipiring) sehingga pada Kamis tanggal 16 Mei 2019 terdakwa saudara Andi Rudianto telah menjalani sidang dengan mendengarkan keterangan saksi-saksi baik dari korban maupun dari terdakwa.

Kemudian pada Jumat dini hari sekitar pukul 13.00 wita tanggal17 Mei 2019 dilanjutkan dengan sidang tuntutan  ,namun dalam persidangan Hakim menolak dan mengembalikan berkas terdakwa kepada penyidik karena beberapa pertimbangan.

“Tuntutan saudara kami tolak dan dikembalikan ke penyidik karena  UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan itu merupakan Aturan Khusus” Urai Nugroho Prasetyo Hendro,SH.,MH yang bertindak sebagai Hakim Ketua dalam Persidangan.

 

Ditempat terpisah, Tim Kuasa Hukum Korban Menilai bahwa penolakan Tuntutan terdakwa sudah benar.

“Dikembalikannya berkas tuntutan terdakwa ke Penyidik untuk dilakukan proses pemeriksaan lebih lanjut itu sudah sangat tepat dengan pertimbangan adanya UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers pasal 18 ayat 1 dan itu merupakan UU khusus ,jadi kita tunggu proses selanjutnya” ungkap Wawan. SH saat ditemui usai mengikuti Sidang.

Menyikapi Permasalahan tersebut terhadap  rekan seprofesinya, puluhan wartawan dari berbagai media yang ditergabung dalam Koalisi LSM/PERS berjanji akan terus mengawal kasus itu, bahkan akan menggelar aksi demonstrasi besar-besaran.

“Dalam  waktu dekat ini Kami dari Gabungan LSM/PERS juga akan melakukan aksi atas kasus yang menimpa saudara rekan se-Profesi kita (Rusman) dan ini harus betul-betul kita kawal sampai tuntas” Ucap Wais Al Karnais. | Ahmad

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.