IPMIL Tuntut Pemerintah Kendalikan Harga Hasil Pertanian Yang Makin Anjlok
  Viewer : 250 Kali
IPMIL Luwu Raya saat menggelar Aksi Menuntut Kesejahteraan Petani

Makassar, Libertiekspress-

Selasa, 18/12/2018, sekira pukul 13.00 wita, gabungan pelajar dan mahasiswa asal Tana Luwu menggelar aksi di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

Dalam aksinya, gabungan mahasiswa asal Tana Luwu ini menuntut kesejahteraan petani, terutama Petani Sawit, Merica, dan Cengkeh.

Selain itu, mahasiswa gabungan dari Kampus UIM dan STIMIK Dipanegara Makassar ini juga mendesak pemerintah, khususnya aparat penegak hukum agar menutup sejumlah perusahaan pengelola kayu ilegal, khususnya yang berada di Tana Luwu.

Dewata parombean, Jenderal Lapangan dalam aksinya mengaku, sejak beberapa waktu belakangan ini, harga hasil tani seperti Merica, Cengkeh dan Sawit terus merosot.

Bahkan, sambungnya, kini banyak buah sawit yang terpaksa menumpuk dan busuk karena para petani merasa rugi jika harus menjual hasil pertanian mereka lebih murah dibanding modal kerjanya.

Saat wawancara, aktivist muda ini menjelaskan, anjloknya harga hasil pertanian, terutama Merica, Sawit dan Cengkeh memberikan dampak yang luar biasa buruk bagi para petani.

Anjloknya harga hasil pertanian, terutama Cengkeh, Merica dan Sawit yang menjadi “komodity andalan” petani diwilayah Luwu Raya, tidak hanya merusak perekonomian mereka, namun juga mengancam masa depan anak mereka yang saat ini sedang menimba ilmu.

Jika pemerintah tidak segera mengambil langkah guna menstabilkan harga jual hasil pertanian ini, terang Dewata Parombean, bukan tidak mungkin para petani akan meninggalkan perkebunan mereka karena biaya operasional mereka sudah jauh lebih besar ketimbang hasilnya.

Dan jika hal itu terjadi, sambung Dewata, akan memunculkan fenomena baru berupa “Pengangguran Massal”.

Untuk itu, mereka mendesak pemerintah agar bisa mengendalikan anjloknya harga penjualan sejumlah hasil pertanian seperti Sawit, Cengkeh, dan Merica.(Rispandi).

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.