Sampah Dibuang Dan Menumpuk DiJalan , Kades Tabarano Minta Jangan Buang Sampah Di Desa Kami !!!
  Viewer : 512 Kali
Rimal Manukallo ( Kades Tabarano )

Wasuponda- Libertiekspress,-

Persoalan sampah di Kec. Wasuponda nampaknya tak pernah surut, Desa Tabarano salah satu Desa di Kec. Wasuponda yang di Pimpin Rimal Manukallo salah satu Desa yang berupaya meminimalisir keluhan warga terkait sampah dengan mengalokasikan Anggaran Dana Desa ( ADD ) khusus tempat sampah pun kesulitan dalam hal titik Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ), Di tambah lagi kekesalan pihak Desa akibat Warga Desa lain membuang sampah di Tong sampah milik Warga Desa Tabarano dan tak jarang sampah dari luar daerah Desa tersebut menumpuk di halaman rumah Warga.

” Kalau memang kesulitan buang sampah seharusnya warga dari luar Desa koordinasi dengan Pemerintah Desa setempat, bukan malah menjadikan Desa kami sebagai tempat pembuangan Sampah”,Tutur Rimal ( Kades ) Tabarano.
” Hampir tiap hari kami perhatikan tumpukan sampah dari luar daerah Desa terus menumpuk dan tak jarang di biarkan berserakan, kami ini berupaya membuat Desa kami bersih dan Asri tapi Warga Desa lain seakan tidak mengerti Adab Santun untuk menciptakan lingkungan yang sehat”, Tambah Rimal dengan Nada Tegas.

 

Tumpukan sampah dari Desa Tetangga yang bertumpuk di Desa Tabarano

Tumpukan sampah di Kec.Wasuponda pun nampak menggunung di tepi Jalan poros Wasuponda – Malili tepatnya di Wilayah Desa Balambano, tumpukan sampah tersebut di buang asal-asal pihak Kec. Wasuponda yang menangani unit pengangkut sampah, namun karena di Kec.Wasuponda tidak ada TPA maka pihak Kec.Wasuponda tak jarang membuang sampah di Tepi Jalan yng di anggap jauh dari perkampungan warga, namun tentu sampah yang dibuang asal-asal tersebut mengganggu pengguna jalan akibat aroma busuk sampah yang menyengat hidung.

Tumpukan sampah ditepi Jalan Poros Wasuponda – Malili tepat di Dusun Balambano Desa Tabarano

Menanggapi hal itu,Samuntur¬†salah satu aktivis di Kec.Wasuponda bahwa TPA yang selama ini di gunakan untuk membuang sampah di Kec. Wasuponda adalah TPA Kec.Towuti,” TPA itu adanya di Kec. Towuti, karena TPA kondisi sampah menumpuk tak beraturan maka akses Unit yang menangani sampah kesulitan untuk mencapai titik yang seharusnya”, ungkapnya

“Seharusnya pemerintah Kecamatan Wasuponda segera mencari solusi untuk mempunyai TPA sendiri agar persoalan sampah ini tidak berlarut l – larut”.Tutupnya. Yusran. | Hrm | red

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.