MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA, RT 03/ RW 02 KELURAHAN AREN JAYA SEMPROT DISINFEKTAN SECARA MANDIRI
  Viewer : 139 Kali

Lap; Feriyani/Karin

Bekasi,libertiekapress-

Rabu 25/3/2020, Wabah Virus Corona yang semakin banyak menyebar khususnya di daerah Bekasi Timur, warga Kelurahan Arenjaya RT 03/RW 02 kec, Bekasi Timur, dengan sigap melakukan giat semprot Disinfektan secara mandiri.

Kesigapan dan kegiatan yang di pimpin langsung oleh ketua RT Ugiman, patut dicontoh oleh kampung atau wilayah lainnya, upaya yang dilakukan oleh warga dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) dilingkungannya.

Menyemprot seluruh rumah warga di lingkungan RT.03 RW.02 Kelurahan Arenjaya Kec, Bekasi Timur, Jawa Barat, yaitu door to door rumah warga serta penyemprotan di rumah ibadah Mushollah Al-Ikhlas. Mereka menyadari, “melawan” virus Corona tak hanya sekedar melakukan sosialisasi dan memberikan himbauan kepada warga lewat spanduk dan banner saja.

Namun, juga melakukan langkah nyata, melakukan himbawan untuk warga dan Termasuk menyemprotkan disinfektan.

“Kita juga melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan pada fasilitas umum dan lingkungan rumah warga,” kata Ugi yang biasa di sapa Ketua RT.03 disela melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (25/3/2020).

Ugi menambahkan, bahwa tujuan dilakukan penyemprotan desinfektan ini sebagai langkah pencegahan meluasnya virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) yang dimungkinkan ada di lingkungan RT.03 RW.02 Arenjaya ini.

Ketua RT 03 Ugi “bahwa penyemprotan ini adalah biaya sendiri, yaitu dari warga yang iuran per/harinya Rp 500.- rupiah, ini adalah dari warga dan untuk warga. Bahan desinfektan diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga desinfektan di pasaran sudah cukup tinggi serta hingga saat ini belum ada bantuan dari pihak pemerintah untuk Penyemprotan ini”, terangnya.

Namun, demikian dalam pembuatannya dilakukan dengan tetap mengikuti panduan yang dikeluarkan Dinas Kesehatan, baik meliputi jenis bahan utama, komposisi maupun volumenya sehingga agar pas menjadi bahan desinfektan untuk mematikan Virus Corona, Penyemprotan desinfektan ke rumah_ rumah warga bukan hanya untuk sekali ini saja, tapi akan menjadi rutinitas ke depan nya agar bisa lebih efektif.

Ugi juga mengajak kepada seluruh warga untuk melakukan upaya preventif dengan menjaga diri masing-masing, keluarga, teman dan lingkungannya agar terhindar dari penularan wabah virus Covid-19.

Namun, hal tersebut harus diperjuangkan dengan berikhtiar untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

 

“Perilaku hidup bersih dan sehat tersebut diantaranya, rajin cuci tangan dengan sabun atau sejenisnya, membersihkan diri dengan mandi setidaknya 2 kali sehari, selanjutnya makan dengan teratur dan bergizi, juga mengkonsumsi buah dan sayur serta jangan lupa minum air yang cukup,” ucap Ugi.

“Selain itu warga kami dorong untuk tetap aktif berolahraga, menjaga kebersihan lingkungan, menghindari bersentuhan langsung dengan orang lain, beristirahat yang cukup, juga menghindari menyentuh hidung, mata dan mulut, serta tidak keluar rumah kecuali dalam hal yang mendesak,” lanjutnya.

Ugi berharap “Dalam situasi krisis akibat Covid-19 seperti saat ini, agar dari pihak dinas kesehatan dapat membantu untuk penanganan warga yang sakit dan menggunakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu), dan tidak lagi adanya keterangan Offline untuk jaringan pelayanan kesehatan, karena cepat dan tanggapnya dalam pengurusan di bidang penanganan yang sakit, untuk saat seperti ini sangat kami butuhkan,” harapnya.

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.