Penyuap Mantan Gubernur Sul-Sel, Agung Sucipto Divonis 2 Tahun Penjara
  Viewer : 393 Kali

Makassar,Libertiekspress.Com|| Sidang vonis terdakwa kasus gratifikasi proyek infrastruktur Sulsel, Agung Sucipto yang berlangsung di Pengadilan Negeri Makassar, Senin 27 Juli 2021, dimana sidang terdakwa Agung Sucipto, hakim menjatuhkan vonis 2 tahun penjara serta denda 150 juta rupiah.

Vonis tersebut dibacakan hakim ketua PN Makasassar Ibrahim Palino.

“Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara selama 2 tahun serta denda sebesar 150 juta rupiah dan apabila denda itu tidak dibayar maka akan diganti penjara selama 4 bulan,” ucap Ibrahim Palino, Senin (26/7/2021).

Sidang putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) komisi pemberantasan korupsi (KPK), dimana JPU KPK sebelumnya menuntut Direktur PT Agung Perdana Bulukumba (APB) tersebut
2 tahun penjara dan denda 250 juta rupiah.

Agung Sucipto dijerat UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberatasan Tindak Pidana Korupsi. Ia dikenakan Pasal 5 (1) UU Tipikor Jo Pasal 64 (1) KUHP, dengan ancaman penjara minimal 1 tahun dan maksimal 5 tahun dan denda maksimal Rp250 juta.

Sementara terdakwa Gubernur Sulawesi Selatan (nonaktif) Nurdin Abdullah, sebelumnya menjalani sidang Virtual (online) di Gedung KPK Merah Putih di Jakarta pada Kamis, (22/07/2021). Sidang dengan agenda pembacaan dakwaan, terdakwa Nudin Abdullah dianggap bersalah karena telah menerima suap dan gratiifikasi terkait proyek pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan. Nurdin Abdullah menerima suap sebesar Rp 2 miliar dari tervonis Direktur PT Agung Perdana Bulukumba (APB) Agung Sucipto, dan Rp3,4 miliar dari kontraktor lainnya, diduga sebagai pelicin untuk mendapatkan fee jatah proyek pembangunan infrastruktur di Sulawesi Selatan.

Lap     : Munir

Editor: Redaksi

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.