Akibat Curah Hujan Tinggi Sejumlah Desa Di Kab. Donggala Terendam Banjir
  Viewer : 829 Kali

Laporan : Arif / R1
Editor : Redaksi

Donggala,Libertiekspress.Com||
Dampak curah hujan yang tinggi, sejumlah Desa di Kecamatan Dampelas, Kab. Donggala, Prov. Sulawesi Tengah terendam banjir.

Banjir tersebut menerjang sejumlah desa namun yang terdampak ada di dua desa di Kecamatan Dampelas Sojol (Dansol) antara lain Desa Parisan Agung & Desa Karyamukti,
Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB sampai saat ini belum memberikan keterangan resmi terkait apakah banjir bandang tersebut diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Dampelas sejak pukul 04. 10 Wita, Jumat 2 Juli 2021 atau akibat lain seperti alih fungsi hutan dll.

“Hujan mengguyur wilayah wilayah Kecamatan Dampelas, yang sangat berdampak antara lain Desa Parisan Agung & Karyamukti”. ungkap Made Saryana ( Warga Setempat)

Made menambahkan,” dampak dari banjir bandang tersebut, sedikitnya ada 40 rumah warga, SDN 21 Dampelas, tempat Ibadah dan kantor Desa terendam air setinggi lutut orang dewasa”.

Made berharap agar pemerintah setempat segera memberikan bantuan tanggap darurat,” Semoga pemerintah segera menanggapi hal ini, minimal bisa membuat dapur umum sementara untuk warga yang betul-betul terdampak”. Tutupnya

Kampung Karyamukti & Parisan agung sendiri dihuni 80% warga transmigrasi Bali, Kelompok orang Bali ini datang sebagai transmigran yang mengikuti program transmigrasi dari pemerintah, dimana penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai Maret tahun 2012 tepatnya di Desa Parisan Agung, Kecamatan Dampelas Sojol (Damsol).

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada laporan atau keterangan resmi yang diterima dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kab.Donggala.

Adapun warga yang sebelumnya mengungsi sebagian telah kembali ke rumah masing-masing dan sebagian memilih menginap dirumah kerabatnya, Banjir juga telah surut namun beberapa titik lokasi masih tertutup timbunan material lumpur.

ARTIKEL TERKAIT

Please enter your name.
Please enter a valid phone number.
Please enter a message.
Please check the captcha to verify you are not a robot.